Sosialisasi Model Pembelajaran Gerak Pada Peserta Didik Tunarungu di SLB B YPAC Palembang

Authors

  • Selvi Atesya Kesumawati Universitas Bina Darma
  • Dewi Septaliza Universitas Bina Darma
  • Aprizal Fikri Universitas Bina Darma
  • Bayu Hardiyono Universitas Bina Darma
  • Arif Hidayat Universitas Bina Darma
  • I Bagus Endrawan Universitas Bina Darma
  • Fina Junianti Universitas Bina Darma
  • Indah Cahaya Permatasari Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.33557/z7cfjk83

Keywords:

pembelajaran, gerak

Abstract

Keterbatasan pendengaran yang dialami oleh peserta didik tunarungu memengaruhi kemampuan mereka dalam menerima informasi, termasuk dalam pembelajaran gerak. Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang sesuai guna mendukung perkembangan motorik dan meningkatkan partisipasi mereka dalam kegiatan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mensosialisasikan model pembelajaran gerak yang adaptif bagi peserta didik tunarungu di SLB B YPAC Palembang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pendekatan model pembelajaran gerak lebih cenderung preskriptif (memberi petunjuk dan bersifat menentukan) dalam menerapkan model pembelajaran gerak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sosialisasi ini mampu meningkatkan pemahaman guru tentang strategi pembelajaran gerak yang efektif, serta memberikan dampak positif terhadap keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang berbasis kebutuhan khusus peserta didik tunarungu untuk mendukung perkembangan holistik mereka.

Downloads

Published

2025-06-06