Mengajarkan Literasi dan Numerasi melalui Pembuatan Poster Berita Anti-Hoax Menggunakan Canva

Authors

  • Tiara Berliani Universitas Sriwijaya
  • Leon A. Abdillah Universitas Bina Darma
  • Indra Gunawan Universitas Sriwijaya
  • Putri Septiani Universitas Tridinanti
  • Febby Shania Utami Universitas Sriwijaya
  • Anggieta Fatia Sari Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Rezania Agramanisti Azdy Universitas Bina Darma
  • Yeni Ernawati Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.33557/2mz1vj71

Keywords:

Anti-Hoax, Canva, Literacy, Numeracy, SMP Tri Dharma Palembang

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi yang sangat pesat membawa dampak yang besar dalam peradaban manusia. Kemajuan Digitalisasi ini memberikan pengaruh yang postif dan juga negatif terutama dalam berita dan informasi salah satu contohnya adalah berita hoax. Artikel jurnal ini akan memberikan pengajaran literasi dan numerasi kepada peserta didik dalam menyikapi berita hoax dalam sebuah karya berupa poster. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah partisifatif, diskusi, dan praktek langsung dalam pembuatan poters anti berita hoax. Dalam membuat poster siswa diberikan arahan dalam penggunaan aplikasi canva sebagai platform pembuatan poster dan siswa diberikan kebebasan dalam mengekpresikan imajinasi mereka dalam membuat poster berita anti hoax. Dampak dari pengajaran pembuatan poster anti hoax ini meningkatkan kreativitas dan daya pikir peserta didik dalam mendesain suatu poster selain itu, peserta didik jiuga mendapatkan pengetahuan bagaimana menyikapi berita hoax dalam situasi kemajuan teknologi dan informasi sekarang ini.

Downloads

Published

2025-03-17 — Updated on 2025-03-17

Versions