Optimalisasi Pembelajaran PAI Melalui Penggunaan LKPD Canva pada Materi Malaikat Kelas 2 SDN Jatiragas II
DOI:
https://doi.org/10.33557/jjxvk197Keywords:
Optimalisasi pembelajaran PAI, metode interaktif, bahan ajar inovatifAbstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik, terutama di tingkat dasar. Namun dalam praktiknya, pembelajaran PAI sering kali menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya minat peserta didik dan metode pengajaran yang monoton. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode interaktif dan bahan ajar inovatif. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pembelajaran PAI dengan meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas 2 di SDN Jatirigas II, serta meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dan membangun kekompakan dan kerja sama yang baik antara guru dan peserta didik. Optimalisasi pembelajaran PAI menggunakan LKPD Canva diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik tentang malaikat dan tugasnya. Metodologi pengabdian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), metodologi ini dirancang untuk melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran dan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif. Hasil evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik meningkat setelah menggunakan LKPD Canva pada penilaian formatif, dibandingkan dengan metode pembelajaran sebelumnya. Tulisan ini memberikan gambaran bahwa penggunaan LKPD Canva dalam pembelajaran PAI dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herlinawati, Enan Kusnandar, Dyah Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.