Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risikoterhadap Minat Penggunaan E-wallet di moderasi Fitur Layanan

Authors

  • Nurul Hutami Ningsih Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Muhammad Fahmi Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Fenty Asterina Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Anita Novita Sari Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33557/h25w1g22

Keywords:

Perception of Benefits, Perception of Ease, Perception of Risk, Interest in Using E-wallet, Service Features

Abstract

The formulation of the problem in this research is the influence of perceived usefulness, perceived convenience, and perceived risk on interest in using e-wallets with service features as moderating variables in an empirical study of accounting students in the class of 2020 at private universities in the city of Palembang. The respondents in this research were 169 accounting students from the 2020 class. Data collection techniques include interviews and questionnaires, and data analysis techniques use multiple regression analysis with moderate regression analysis (MRA). The research results show that Perceived Benefits, Perceived Convenience, and Perceived Risk significantly affect Interest in Using E-wallet. In moderation, service features are moderator homologies of the influence of perceived benefits on interest in using e-wallets. In contrast, service features are moderator predictors of the influence of perceived convenience and perceived risk on interest in using e-wallets. From these results, service features are only an addition to an application that considers users' perceived benefits, perceived convenience, perceived risks, and interests.

Keywords: Perception of Benefits, Perception of Ease, Perception of Risk, Interest in Using E-wallet, Service Feature

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko terhadap minat penggunaan e-wallet dengan fitur layanan sebagai variabel moderasi dalam studi empiris mahasiswa akuntansi angkatan 2020 di perguruan tinggi swasta di kota palembang. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2020 sebanyak 169 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan moderate regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Manfaat, Persepsi Kenyamanan, dan Persepsi Risiko berpengaruh signifikan terhadap Minat Penggunaan E-wallet. Secara moderasi, fitur layanan merupakan homologizer moderator pengaruh persepsi manfaat terhadap minat penggunaan e-wallet, sedangkan fitur layanan merupakan prediktor moderator pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi risiko terhadap minat penggunaan e-wallet. Dari hasil ini fitur layanan hanya merupakan tambahan dari sebuah aplikasi untuk ikut mempertimbangkan persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan minat dari pengguna.

Kata kunci: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Minat Menggunakan E-wallet,  Fitur Layanan

 

References

Aditya, R. & Wardhana, A. (2016). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Behavioral Intention Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Pada Pengguna Instant Messaging Line Di Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 20 (1). 24-32.

Darma, G. P. G. W. W., & Devi, S. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Norma Subjektif Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet di Masa New Normal (Studi Pada Pengguna E-Wallet di Kota Denpasar). Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 13(04), 1422 1433. Retrieved https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9868%0Ahttps:// repo.undiksha.ac.id/9868/9/1617051012 LAMPIRAN.pdf

Desita, W., Ayu, G., Rencana, K., & Dewi, S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet). Akuntansi Profesi, 13(01). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2

Faradila, R. S. N., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka. com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal Of Management, 5(3), 239-250.

Indonesia, G. B. (2009). Peraturan Bank Indonesia Nomor: 11/12/PBI/2009 Tentang UAng Elektronik (Electronic Money).

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset, 235.

Kotler, P. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi keduabelas, Vol. 1). Erlangga.

Krismajayanti, N. P. A., Nurmalasari, M. R., Prawitasari, P. P., Dewiningrat, A. I., Megawati, I. A. P., Kusnita, K. L., & Sanjiwani, P. D. A. (2024). Tren Revolusioner Bagaimana E-Wallet Mengubah Konsumen di Era Modern?. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 5(1), 41-51.

Listiorini, Syamsul Bahri. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan dan Kerahasiaan dan Persepsi Kecepatan Terhadap Minat Wajib Pajak dalam Menggunakan E-Filing pada KPP Pratama Binjai. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis.19(2). 159-13

Maulidiyah, S. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Dan Kesesuaian Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Bank Mandiri Di Surabaya (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).

Monica, N., & Tama, A. I. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Norma Subjektif dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 8(1), 29-44.

Oktaviana, I., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan Shopeepay Di Kota Bekasi. Jurnal Economina, 2(10), 2806–2822. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.905

Ong, V., & MN, N. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Keuangan terhadap Minat Penggunaan Linkaja. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 516. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18259

Pasaribu, D. (2021). Kajian Kritis terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Mahasiswa dalam Memilih Pembayaran Elektronik Non-Bank (01 ed.). CV. Global Aksara Pers.

Pavlou, P. A. (2003). Consumer Acceptance of Electronic Commerce : Integrating Trust and Risk with the Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce, 07(03), 69–103.

Rasmini, Ni Ketut, Ni Putu Bella.N. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi, Kegunaan, Dan Computer Self Efficacy pada Minat Penggunaan E-Spt. E-jurnal Akuntansi Universitas sUdayana. 19(2). 1116-1143

Rodiah, Siti, Inaya Melati. (2020). “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakaan E-wallet Pada Generasi Milenial Kota Semarang”. Journal of Economic Education and Entrepeneurship 1(2):66-80.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Dia Purnama, Ahmad Afandi, Annessa Fadhillah. (2021).Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan E-Wallet Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Research &Learning in Primary Education.1(2). 568-577

Seetharaman. (2017). Factors Influencing Behavioural Intention to Use The Mobile Wallet in Singapore. Journal Of Applied Economics and Business Research, 07(02), 116–136.

Umaningsih, W. P., & Wardani, D. K. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Fitur Layanan dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan E-Money. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi, 5 (3), 113-119.

Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model (01 ed.). CV. Seribu Bintang.

Widjana, Aditya Mahardika (2010). Determinan Faktor Penerimaan Terhadap Internet Banking Pada Nasabah Bank Di Surabaya. Thesis Program Pasca Sarjana. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya.

Zulfikar, & Apriliyati, K. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Risiko, Keamanan, Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Aplikasi Ovo Di Kota Samarinda. Jurnal Eksis (Ekonomi, Sosial Dan Bisnis), 18(1), 84–98.

Downloads

Published

2025-02-08 — Updated on 2025-02-08

How to Cite

Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risikoterhadap Minat Penggunaan E-wallet di moderasi Fitur Layanan. (2025). MBIA, 23(2), 261-278. https://doi.org/10.33557/h25w1g22