Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global

Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong

Authors

  • Tetty Yuliaty Universitas Sumatera Utara
  • Cut Sarah Shafira Universitas Sumatera Utara
  • Muhammad Rafi Akbar Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167

Keywords:

Strategy, MSMEs, Global Business, SWOT

Abstract

In the Indonesian economy, Micro, Small and Medium Enterprises or MSMEs are the business group that has the largest number and is proven to be resistant to various kinds of shocks to the economic crisis. Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are encouraged to be able to develop into the global market not only on a national scale. Strategy is very important to determine the success of a company to achieve its long-term goals. By choosing the right strategy for a particular company position, it will make a company have a competitive advantage. The purpose of this research is to find out what is the most appropriate strategy that should be taken by PT. Muniru Burni Telong as a UMKM in facing Global Business competition. This research method uses SWOT analysis and IFAS, EFAS, by previously collecting data through interviews, questionnaires, observations and literature studies. The results of this study indicate that the strategy that must be carried out by PT Muniru Burni Telong is in quadrant I, which is a quadrant that supports an aggressive growth strategy which shows that this company has the power to take advantage of existing opportunities, meaning that the organization is in a strong condition so it is possible to continue to expand opening branches to the targeted countries, enlarging growth and achieving maximum progress.

 

Abstrak

Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar dan terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi.Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) didorong harus mampu berkembang sampai ke pasar gobal bukan hanya di skala nasional saja. Strategi merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan perusahaan untuk mencapai tujuan jangka panjangnya. Dengan memilih strategi yang tepat pada posisi perusahaan  tertentu, akan membuat  sebuah perusahaan  memiliki keunggulan kompetitif.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang paling tepat yang harus diambil PT. Muniru Burni Telong sebagai UMKM dalam menghadapi persaingan Bisnis Global . Metode penelitian ini menggunakan Analisis SWOT dan IFAS, EFAS, dengan sebelumnya melakukan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi dan juga studi literature. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang harus dilakukan oleh  PT Muniru Burni Telong adalah di kuadran I yaitu kuadran yang mendukung strategi pertumbuhan agresif yang menunjukkan  perusahaan ini memiliki kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada, artinya organisasi dalam keadaan kondisi kuat sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi membuka cabang ke negara-negara yang akan dituju, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

Kata Kunci : Strategi , UMKM, Bisnis Global, SWOT

Downloads

Published

2020-12-27

How to Cite

Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global: Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. (2020). MBIA, 19(3), 293-308. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167