IMPLEMENTASI SISTEM PENGOLAHAN PENILAIAN DATA SISWA SMP NEGERI 1 SEPATAN TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v23i1.1282Keywords:
Sistem, Penilaian, Website.Abstract
Dalam membangun dan mengembangkan sistem guna memberikan penilaian hasil studi siswa, menguji kelayakan sistem informasi penilaian berbasis website, serta membantu guru dalam memberikan nilai siswa. SMP Negeri 1 Sepatan Timur dalam mengolah data nilai hasil belajar siswa masih menggunakan sistem manual yaitu mengerjakan dengan Microsoft excel kemudian dikumpulkan ke bagian kurikulum baru setelahnya diberikan kepada wali kelas dalam bentuk lembaran kertas. Terkait hal tersebut maka dibutuhkan suatu sistem informasi pengolahan data nilai hasil belajar siswa secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem pengolahan penilaian data siswa berbasis website, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data, metode analisa, metode perancangan, metode pengembangan dan metode pengujian, Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem penilaian berbasis website dapat dikembangkan untuk membantu guru dalam proses penilaian dan memberikan informasi nilai hasil studi siswa. Sistem informasi penilaian berbasis website dapat mempermudah guru dalam memberikan deskripsi atau catatan untuk setiap aspek mata pelajaran, serta membantu guru dalam perhitungan nilai sehingga menjadi lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan perhitungan nilai secara manual. Diharapkan dengan akses informasi yang diberikan kepada siswa dan wali murid dapat membantu dan memantau siswa atau anaknya, Maka penerapan nilai siswa disekolah SMP Negeri 1 Sepatan Timur Kabupaten Tangerang sangat perlu untuk meningkatkan mutu pelayanan penilaian yang baik untuk siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Matrik by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.