MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA UNU PURWOKERTO MATERI PARAGRAF (PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasaiswa terhadap materi paragraf dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini penting dilaksanakan karena banyak ditemukan mahasiswa masih rendah dalam semangat dan motivasi untuk belajar, hal ini dibuktikan dengan terlambatnya mengumpulkan tugas dan kurang aktifnya diskusi di kelas. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan mahasiswa UNU Purwokerto dalam berpikir kritis materi paragraf melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menitikberatkan pada pembelajaran berbasis masalah. Penelitian Tindakan Kelas dengan model KEmmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Hasil pretest pada siklus 1 masih di bawah batas tuntas yaitu 65. Pada post test di siklus 1 ada kenaikan yaitu nilai 70 sehingga naik 6,41%. Selanjutnya pada siklus 2 pre test dengan nilai rerata 68, tetapi pada post test dengan nilai rerata 80 yang melebihi batas tuntas dengan kenaikan 19,2%. Hal ini dapat dikatakan bahwa mahasiswa berhasil meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada pada materi paragraf.
Article Details
Section
Jurnal Ilmiah Bina Bahasa by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/binabahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Arikunto, S. (2007). Manajemen penelitian. Rineka Cipta.
Charlina, C., & Septyanti, E. (2019). Pemanfaatan media kahoots sebagai motivasi belajar mengikuti kuis wacana bahasa Indonesia. GERAM, 7(2), 78–82.
Gusrita, T. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa MAN 1 Sarolangun. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).
Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.
Mustikasari, D., & Purwani, R. (2022). Gambaran sikap bahasa mahasiswa PBI UNU Purwokerto terhadap penggunaan bahasa baik dan benar. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 15(2), 153–166.
Mustikasari, D., & Purwani, R. (2023). Meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah dan partisipasi mahasiswa serta menggali tanggapan mahasiswa melalui jigsaw. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 16(2), 139–150.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974.
Palyanti, M. (2023). Media Pembelajaran asik dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 1014–1026.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.
Rahman, A., Azizah, A., & Sani, N. K. (2022). Implementasi model pembelajaran case method dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 8(2), 242–251.
Rahmawati, B. F. (2013). Meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Educatio, 8(2), 16–27.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
Wahyuni, E. N. (2020). Motivasi belajar. Diva Perss.
Widiarti, G. (2022). Hubungan motivasi belajar terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah bahasa Indonesia Mahasiswa PGSD Universitas Quality. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 75–83.
Widiyani, S. P. (2021). Optimalisasi kemampuan berbicara bahasa Inggris dan percaya diri melalui jigsaw pada siswa kelas X SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 339–344.