WORKSHOP MANAJEMEN PEMBELAJARAN DIGITAL PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR BAGI GURU SMP NEGERI 32 KOTA PALEMBANG

Authors

  • R. A. Zubaidah STIE Trisna Negara
  • Yohanes Susanto Universitas Bina Insan

DOI:

https://doi.org/10.33557/jpm_itech.v2i1.2161

Keywords:

Pembelajaran, Digital, Manajemen, E-Learning

Abstract

Di era Revolusi Industri 4.0  keinginan yang ingin dicapai dalam dalam metode pembelajaran yakni siswa atau mahasiswa yaitu penguasaan literasi baru. Literasi baru tersebut adalah Pertama, literasi data dan yang Kedua, literasi teknologi. Tujuan workshop ini adalah untuk mengkaji  metode pembelajaran dalam pengembangan pendidikan. Merdeka Belajar Pendidikan merupakan jawaban atas kebutuhan sistem pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. Selain itu, dalam sistem Pendidikan Merdeka Belajar masih mengutamakan pendidikan karakter di kota palembang Metode Workshop pengembangan pendidikan dengan 2 sesi yaitu pemaparan materi dan praktek penggunaan media digital. Metode yang digunakan Action Reaseach yang mementingkan beberapa proses tahapan : mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan. Hasil: Workshop pembelajaran daring yang telah diselenggarakan oleh Tim Layanan Dosen STIE Trisna Negara dan Dosen Universitas Bina Insan memberikan pemahaman dan keterampilan baru kepada guru SMP Negeri 32 Kota Palembang dalam menggunakan berbagai platform digital yang dapat mendukung proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 . Kekurangan dari kegiatan ini adalah terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki guru untuk mendukung pembelajaran berbasis digital, karena masih sedikitnya guru yang memiliki laptop atau komputer untuk mendukung pembelajaran. Kontribusi: dari kegiatan ini adalah mendukung sekolah untuk mendorong kemampuan tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran berbasis digital, khususnya di masa pandemi COVID-19.

Downloads

Published

2023-03-31